Jumaat, 12 Februari 2016

Menghilangkan Formalin

Posted: 12 Feb 2016 04:45 AM PST
Isu tentang makanan yang mengandung formalin mungkin kini sudah mulai terlupakan. Namun bukan berarti pemakaian formalin juga berhenti dan menghilang seperti hilangnya isu ini. Tanpa adanya tindakan tegas dari pemerintah, makanan berformalin ini terus ada dan bahkan bisa jadi semakin menjamur karena kurangnya pengawasan dan tindakan tegas pemerintah.

Sobat ngopo, meski isu makanan berformalin seolah telah  menghilang, namun sebaiknya kamu tetap memperhatikan makanan yang akan kamu konsumsi. Apakah makanan tersebut mengandung formalin atau tidak. Biasanya, formalin sering digunakan untuk mengawetkan ikan, ayam, mie bahkan tahu serta masih banyak makanan lainnya yang mungkin mengandung bahan karsinogenik ini.

Menkonsumsi makanan yang mengandung formalin pasti merugikan kesehatan. Mulai dari gangguan mata, kulit, saluran pernapasan, paru-paru, ginjal, hati, organ reproduksi, pencernaan dan masih banyak lagi gangguan lainnya timbul jika formalin dikonsumsi dalam jangka panjang.


Jika kamu yakin bahwa bahan yang kamu beli mengandung formalin, maka sebaiknya lakukanlah beberapa langkah berikut yang kami kutip dari Bebeja.com. Insyaa Allah upaya tersebut bisa menghilangkan kadar formalin atau deformalinisasi dengan cara mudah dan efektif.

Berikut ini 3 cara mudah menghilangkan formalin dalam makanan yang telah dilakukan penelitian oleh Sukesi MSi, dosen kimia dari FMIPA dari ITS Surabaya :
  1. Rendamlah bahan yang diduga mengandung formalin pada air garam selama 60 menit, karena dengan cara itu dapat membuang formalin hingga 89,53%
  2. Rendamlah dengan air biasa 61,25%. Khusus ikan segar formalin dapat hilang mendekati 100%
  3. Rendamlah dalam larutan cuka 5% selama 15 menit
Dengan 3 cara tersebut Insya Allah formalin bisa dihilangkan, selamat mencoba. Semoga artikel ini bermanfaat. Jangan lupa share ya sobat ngopo!

Tiada ulasan:

Catat Ulasan