Rabu, 3 Februari 2016

Khasiat Bunga Matahari


Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Bunga Matahari (Helianthus annuus linn) selain jadi cemilan, bisa juga digunakan sebagai obat darah tinggi. Bunga matahari adalah tumbuhan semusim dari suku kenikir-kenikiran (asteraceae) yang populer, baik sebagai tanaman hias maupun tanaman penghasil minyak. Bunga tumbuhan ini sangat khas: besar, biasanya berwarna kuning terang, dengan kepala bunga yang besar (diameter bisa mencapai 30 cm).

Bunga ini sebetulnya adalah bunga mejemuk, tersusun dari ratusan hingga ribuan bunga kecil pada satu bongkol. Bunga Matahari juga memiliki perilaku khas, yaitu bunganya selalu menghadap ke arah matahari atau heliotropisme. Orang Perancis menyebutnya tournesol atau "pengelana matahari". Namun demikian, sifat ini disingkirkan pada berbagai kultivar baru untuk produksi minyak karena memakan banyak energi dan mengurangi hasil.

Terdapat dua tipe bunga: bunga tepi atau bunga lidah yang membawa satu kelopak besar berwarna kuning cerah dan steril, dan bunga tabung yang fertil dan menghasilkan biji. Bunga tabung ini jumlahnya bisa mencapai 2000 kuntum dalam satu tandan bunga. Penyerbukan terbuka (silang) dan dibantu oleh serangga. Pada hari yang cerah, tandan bunga mejemuk mengikuti pergerakan harian matahari (asal nama tumbuhan ini), yang gejalanya disebut heliotropisme. Tumbuhan mendapat keuntungan 10% lebih fotosintesis karena pergerakan ini.

Ada empat kelompok budidaya bagi bunga matahari yang dibedakan berdasarkan kegunaannya. Kultivar yang dirakit biasanya diarahkan pada salah satu kegunaan tertentu saja:

1. Kelompok penghasil minyak, dimanfaatkan minyak bijinya. Biji kelompok ini memiliki cangkang biji yang tipis. Kandungan minyaknya berkisar 48% hingga 52%. Untuk menghasilkan satu liter minyak diperlukan biji dari kira-kira 60 tandan bunga majemuk.

2. Kelompok pakan ternak, dipanen daunnya sebagai pakan atau pupuk hijau.

3. Kelompok tanaman hias, yang memiliki warna kelopak yang bervariasi dan memiliki banyak cabang berbunga.

4. Kelompok kuaci, untuk dipanen bijinya sebagai bahan pangan.

Kandungan kimia bunga Matahari

Bunga Mtahari berasa lembut, dan netral. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside A, B, C, oleanolic acid, echinocystic acid. Bijinya mengandung beta-sitosterol, prostaglandin E, echlorogenic acid, quinic acid, phytin, 3, 4-benzopyrene. Dalam 100 gram minyak biji bunga Matahari terkandung lemak total: 100, lemak jenuh: 9, 8. Lemak tidak jenuh: Oleat 11. 7, linoleat 72. 9, dan kolesterol.

Khasiat bunga Matahari

Bunga Matahri dapat menurunkan tekanan darah, mengurangi rasa nyeri (analgetik). Bijinya berkhasiat sebagai anti disentri, merangsang pengeluaran cairan tubuh (hormon, enzim, dan lainnya), merangsang pengeluaran campak (measles). Untuk daunnya sebagai antiradang, mengurangi rasa nyeri, dan antimalaria. Akarnya berkhasiat untuk antiradang, peluruh air seni, pereda batuk, dan menghilangkan nyeri. Sumsum dari batang dan dasar bunga berkhasiat untuk merangsang energi vital, menenangkan liver, merangsang pengeluaran air kemih, dan menghilangkan rasa nyeri pada waktu buang air kecil.

Ramuan untuk hipertensi

Siapkan bunga Matahari 30-90 gram, dasar bunga (receptaculum) 30-90 gram, dan sumsum dari batang 15-30 gram. Kemudian semua bahan ini, direbus bersama akar sebanyak 15-30 gram.

Catatan: Sumsum dari batang dan dasar bunga berisi hemicellulose, yang menghambat sarcoma 180 dan ehrlich ascitic carcinoma pada tikus. Ekstrak dari sumsum dapat menghancurkan nitrosamine dan dapat untuk pencegahan dan pengobatan tumor saluran cerna (tractus digestivus).

Perhatian: Wanita hamil dilarang minum rebusan bunga Matahari ini.
Semoga artikel ini bermanfaat, jangan lupa untuk membaca artikel kami sebelumnya : Khasiat Bunga Tasbih Untuk Obat Darah Tinggi
Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Salah satu khasiat Bunga Tasbih (Canna indica linn) adalah sebagai obat darah tinggi. Bunga Tasbih bercirikan daun besar dan lebar, menyirip jelas warna hijau (ada yang berwarna tengguli). Bunga besar dengan warna-warna cerah (merah, kuning) tersusun dalam rangkaian berbentuk tandan. Buah berupa buah kendaga, biji banyak, bulat.

Hampir selalu ditanam sebagai tanaman hias, tapi tumbuh liar di hutan dan daerah pegunungan sampai ketinggian 1. 000 m dari permukaan laut. Jenis lain, canna edulis ke gawl (ganyong) mempunyai kelopak bunga lebih kecil, daun hijau tengguli dengan ping lebih tengguli. Ditanam sebagai tanaman hias, rimpangnya dapat dimakan, di Australia sebagai penghasil tepung yang dikenal sebagai "arrowroot of queensland. "

Kandungan kimia bunga Tasbih

Rimpang bunga Tasbih mengandung 6 substansi phenol, 2 terpene dan 4 coumarin, pati, glukose, lema alkaloid, dan getah.

Khasiat bunga Tasbih

Khasiat bunga ini adalah penurun panas, hipertensi, disentri, keputihan, sakit kuning, batuk darah, luka berdarah, radang kulit bernanah, jerawat, dan haid banyak.

Ramuan untuk hipertensi

Minum rebusan akar bunga Tasbih: 60-120 gram (dosis maksimal 250 gram) sehari, dibagi 2 kali minum, selama 20 hari, maksimal 47 hari.

Demikianlah khasiat bunga tasbih untuk obat darah tinggi, semoga bermanfaat. Baca artikel kami sebelumnya : Khasiat Bunga Teratai Kerdil Untuk Obat Darah Tinggi
Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Teratai Kerdil yang dalam bahasa latinnya disebut Nymhaeaceae tetragona georgi adalah tanaman yang biasa dibudidayakan di kolam yang dangkal. Untuk habitatnya, Teratai Kerdil atau biasa disebut bunga Padma berada di daerah rawa-rawa atau di danau.

Jenis Teratai yang satu ini tersebar di penjuru benua Asia, Amerika, daratan Cina, Korea, Jepang, dan Indonesia. Teratai kerdil tergolong tanaman air atau rawa, tumbuh liar pada genangan air yang dangkal atau dipelihara di kolam-kolam sebagai hiasan. Daun dan bunga keluar dari akar rimpang di dasar lumpur, yang tumbuh ke atas pada permukaan air. Daun mengapung pada permukaan air, sedang bunga pada air yang dangkal akan muncul di atas permukaan air. Helaian daun bangun perisai, tepi bergerigi, bagian pangkal bercangap sempit dan dalam, warnanya hijau. Bunga mekar selama 4 jam saja. Daun mahkota warnanya ungu.

Kandungan kimia Teratai kerdil

Akar dan daun Teratai kerdil mengandung asam amino dan alkaloid.

Khasiat Teratai kerdil

Teratai kerdil dapat mencegah hipertensi, kejang kronis pada anak, dan kecanduan alkohol.

Ramuan untuk hipertensi

7-14 kuntum bunga direbus dengan 3 gelas air bersih sampai tersisa 2 gelas. Setelah dingin disaring dan minum.

Itulah khasiat bunga teratai kerdil yang bisa dijadikan obat hipertensi. Semoga bermanfaat, dan silakan baca artikel kami yang lain : Khasiat Bunga Teratai Untuk Obat Darah Tinggi
Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST
Teratai
Teratai adalah tanaman air menahun yang indah, asli dari daratan Asia. Teratai dalam bahasa lati disebut dengan Nelumbium nelumbo druce. Teratai dibudidayakan diperairan dan kolam, kadang ditemukan tumbuh liar di rawa-rawa. Tanaman air yang tumbuh tegak. Rimpang tebal bersisik, dan tumbuh menjalar.

Daun dan bunga keluar langsung dari rimpangnya yang terikat pada lumpur di dasar air. Helaian daun lebar dan bulat, disangga oleh tangkai yang panjang dan bulat berdiameter 0, 5-1 cm, panjangnya 75-150 cm. Daun menyembul ke atas permukaan air, menjulang tegak seperti perisai. Permukaan daun berlilin, warnanya hijau keputihan, tepi rata, bagian tengah agak mencekung, tulang daun tersebar dari pusat daun ke arah tepi, dan berdiameter antara 30-50 cm.

Bunganya harum, tumbuh menjulang di atas permukaan air dengan tangkai bulat panjang dan kokoh, panjang tangkai bunga 75-200 cm. Diameter bunga 15-25 cm, benang sari banyak kepala sari kuning, mahkota bunga lebar, ada yang engkel dan ada yang dobel dengan warna merah jambu, putih dan kuning.

Bunga mekar sehari penuh dari pagi sampai sore hari. Setelah layu mahkota bunga berguguran sampai akhirnya tersisa dasar bunga yang akan menjadi bakal buah, bentuknya seperti kerucut terbalik dengan permukaan datar semacam spons dan berlubang-lubang berisi 15-30 biji, warnanya hijau kekuningan, kemudian hijau dan akhirnya cokelat hitam, garis tengah 6-11 cm. Biji bentuknya bulat seperti kacang tanah, terdapat dalam lubang-lubang buah yang berbentuk seperti sarang tawon.

Biji yang sudah tua warnanya hijau kehitaman, umurnya kira-kira 1 bulan sejak bunganya mekar. Daunnya biasa dipakai sebagai bahan pembungkus, rimpang muda dan biji bisa dimakan. Pemeluk agama budha menganggap bunga ini sebagai lambang kesucian, tercermin dalam berbagai lukisan dan patung yang menggambarkan Sang Budha sedang duduk bersemedi di atas bunga Teratai. Sebutan lain untuk bunga Teratai yaitu, padma, seroia, tarate, dan taratai besar.

Kandungan kimia bunga Teratai

Secara terperinci kandungan seluruh batang tubuh bunga Teratai disimpulkan sebagai berikut:

1. Bunga mengandung quercetin, luteolin, isoquercitrin, dan kaempferol. Benang sari kandungan kimianya terdiri dari quercetin, luteolin, isoquercitrin, galuteolin, juga terdapat alkaloid.

2. Penyangga bunga (reseptacle) mengandung protein, lemak, karbohidrat, karoten, asam nikotinat, vitamin B1, B2, C, dan sedikit mengandung nelumbine.

3. Bijinya kaya akan pati, juga mengandung raffinose, protein, lemak, karbohidrat, kalsium, fosfore, dan besi.

4. Kulit biji teratai mengandung nuciferine, oxoushinsunine, N-norarmepavine, neferine, nuciferine, pronuciferine, lotusine, methylcorypalline, demethylcoclaurine, galuteolin, hyperin, dan rutin.

5. Rimpangnya mengandung pati, protein, aspagarine, vitamin C. Selain itu juga mengandung catechol, d-gallocatechol, neochlorogenic acid, leucocyanidin, leucodelphinidin, peroxidase, dan lainnya. Akarnya sendiri mengandung zat tannic dan asparagine.

6. Daun mengandung roemerine, nuciferine dan nornuciferine, armepavine, pronuciferine, N-nornuciferine, D-N-methylcoclaurine, anonaine, liriodenine, quercetin, isoquercitrin, nelumboside, citric acid, tartaric acid, malic acid, gluconic acid, oxalic acid, succinic acid, zat tannic, dan lainnya.

7. Dasar daunnya adalah, roemerine, nuciferine dan nornuciferine. Tangkai daunnya mengandung roemerine, nornuciferine, resin dan zat tannic. Oxoushinsunine yang terdapat pada kulit biji Teratai berkhasiat menekan perkembangan kanker hidung dan tenggorokan, sedangkan biji dan tangkainya berkhasiat antihipertensi.

Khasiat bunga Teratai

1. Biji: Memelihara kondisi jantung, bermanfaat bagi ginjal dan menguatkan limpa. Tunas biji Teratai: Menghilangkan panas dalam di jantung, menurunkan panas, menghentikan perdarahan, dan menahan ejakulasi dini.

2. Kulit biji Teratai: Menghentikan perdarahan, menghilangkan panas dalam di lambung, mengeluarkan panas dan lembab dari usus.

3. Benangsari (kumis bunga Teratai): Menghilangkan panas dari jantung, menguatkan fungsi ginjal, menahan ejakulasi dini, dan menghentikan perdarahan.

4. Penyangga bunga: Membuyarkan darah beku, menghentikan perdarahan, dan menolak lembab.

5. Batang Teratai (tangkai daun dan tangkai bunga): Menurunkan panas dan memperlancar kencing.

6. Daun: Menurunkan panas dan menghilangkan lembab, menaikkan yang jernih, dan menghentikan perdarahan.

7. Dasar daun: Menurunkan panas dan menghilangkan lembab, menormalkan menstruasi, dan menguatkan kehamilan.

8. Rimpang: Dimakan mentah berkhasiat menurunkan panas, mendinginkan darah yang panas dan membuyarkan darah beku. Bila dimasak, berkhasiat menguatkan limpa, menambah selera makan, penambah darah, membantu pertumbuhan otot, dan menyembuhkan diare.

9. Akar: Menghentikan perdarahan, membuyarkan darah beku, dan dikenal bisa dijadikan penenang.

10. Tepung rimpang: Menghentikan perdarahan, menambah darah, mengatur fungsi ginjal dan limpa.

Ramuan untuk hipertensi

1. 10 gram biji Teratai dan 15 gram tunas bijinya direbus dengan 350 cc air sampai tersisa 200 cc. Minum setiap hari.

2. Tunas biji Teratai sebanyak 10-15 gram direbus dengan air secukupnya sampai mendidih, minum sebagai teh. Dapat juga tunas biji Teratai digiling halus, seduh dengan air panas, lalu diminum.

Demikian itu khasiat-khasiat bunga teratai. Semoga bermanfaat bagi Anda, lihat artikel kami yang lain : Khasiat Tapak Dara Untuk Obat Darah Tinggi.
Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Jika sebelumnya kita membahas herbal dari jenis buah-buahan, maka sekarang kita akan membahas herbal dari jenis bunga. Pada artikel kali ini herbal jenis bunga yang kita bahas adalah Tapak Dara (Catharanthus roseus [L.] G. Don).

Tapak Dara (Catharanthus roseus) banyak dipelihara sebagai tanaman hias. Tapak Dara sering dibedakan menurut jenis bunganya, yaitu putih dan merah. Tumbuhan semak tegak yang dapat mencapai ketinggian batang sampai 100 cm ini, sebenarnya merupakan tumbuhan liar yang biasa tumbuh subur di padang atau di pedesaan beriklim tropis.

Ciri-ciri tumbuhan Tapak Dara yaitu memiliki batang yang berbentuk bulat dengan diameter berukuran kecil, berkayu, beruas dan bercabang serta berambut. Daunnya berbentuk bulat telur, berwarna hijau dan diklasifikasikan berdaun tunggal. Bunganya yang indah menyerupai terompet dengan permukaan berbulu halus. Tapak Dara juga memiliki rumah biji yang berbentuk silindris menggantung pada batang. Penyebaran tumbuhan ini melalui biji.

Beberapa sebutan Tapak Dara di antaranya adalah, perwinkle (Inggris), chang chun hua (Cina), keminting Cina, rumput jalang (Malaysia), tapak dara (Indonesia), kembang sari cinta (Jawa), dan kembang tembaga beureum (Sunda).

Kandungan kimia Tapak Dara

Tapak Dara mengandung lebih dari 70 macam alkaloid. Dua jenis alkaloid yang ditemukan pada daunnya, vinblastine dan vincristine, merupakan antikanker aktif yang dapat digunakan pada kemoterapi. Vinblastine digunakan untuk penderita hodgkin's disease dan vincristine digunakan untuk anak-anak penderita leukimia. Dengan digunakannya vincristine, anak-anak penderita leukimia yang selamat meningkat dari 20 persen menjadi 80 persen.

Vincristine, di samping dipakai dalam pengobatan leukimia, juga kenker payudara, dan tumor ganas lainnya. Selain itu ada juga kandungan vindesine yang dipakai dalam pengobatan leukimia pada anak-anak, dan penderita tumor pigmen, dan vinorelbine yang seringkali digunakan sebagai bahan pengobatan untuk mencegah pembelahan kelenjar.

Selain vinblastine (VLB) dan vincristine (VCR), alkaloid anti kanker lainnya adalah leurosine (VLR), vincadioline, leurosidine, catharanthine, dan lochnerine. Sementara alkaloid berefek hipoglikemik (menurunkan kadar gula darah) adalah leurosine, catharanthine, lochnerine, tetrahydroalstonine, vindoline, dan vindolinine.

Khasiat Tapak Dara

Bunga Tapak dara mempunyai khasiat untuk mencegah diabetes, hipertensi, leukimia, asma, bronkhitis, demam, radang perut, disentri, kurang darah, gondong, bisul, borok, luka bakar, luka baru, bengkak, dan penyakit lainnya.

Ramuan untuk hipertensi

1. Bahan-bahan: 15-20 gram daun Tapak dara kering dan 10 gram bunga Krisan. Cara membuat: Bahan-bahan tersebut direbus dengan 2, 5 gelas air sampai mendidih dan disaring. Diminum tiap sore hari.

2. Bahan-bahan & cara membuat: 7 lembar daun atau bunga Tapak dara diendapkan dengan 1 gelas air dan dibiarkan beberapa saat. Lalu diminum menjelang tidur.

Itulah manfaat atau khasiat bunga Tapak Dara yang salah satunya dapat digunakan sebagai obat darah tinggi. Semoga bermanfaat, dan jangan lupa baca artikel kami yang lain : Manfaat Manggis Sebagai Obat Darah Tinggi

Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Manfaat manggis untuk kesehatan memang sangat luar biasa, terutama kulitnya. Kulit manggis bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit berbahaya yang sulit diobati. Kulit manggis dapat dijadikan sebagai bahan obat alami yang sangat luar biasa untuk kanker, diabetes, jantung, diare, tekanan darah tinggi, dan lain sebagainya.

Manggis dalam bahasa latinnya disebut dengan Garcinia mangostana L. Manggis adalah sejenis pohon hijau abadi dari daerah tropika yang diyakini berasal dari kepulauan nusantara. Itulah sebab, banyak pihak yang meyakini buah yang satu ini asli Indonesia secara fisik, pohon Manggis mampu tumbuh mencapai 7 hingga 25 meter. Bentuknya khas dengan kulit berwarna merah keunguan ketika matang, meski ada juga varian yang kulitnya berwarna merah.

Manggis berkerabat dengan kokam, asam kandis, dan asam gelugur, rempah bumbu dapur dari tradisi boga India dan Sumatera. Buah ini merupakan spesies terbaik dari genus garcinia. Manggis termasuk buah eksotik yang sangat digemari konsumen, baik di dalam maupun di luar negeri karena rasanya lezat, bentuk buah yang indah, dan tekstur daging buah yang putih halus. Tidak heran, Manggis mendapat julukan Queen of tropical fruits (ratunya buah-buahan tropis).

Kalangan ilmuwan hortikultura dari Indonesia mengungkapkan sebuah fakta baru bahwa buah Manggis yang selama ini lebih dikenal sebagai buah asal Malaysia sebenarnya merupakan buah asli Indonesia. Tentu saja ini bukan asal klaim, seperti yang selama ini dilakukan oleh negeri jiran itu.

Ketua masyarakat Ilmuwan Hortikultura Internasioanal (ISHS), Prof. Dr. Roedhy Poerwanto, MSc, mengungkapkan bahwa hingga saat ini literatur atau bahan bacaan ilmiah yang beredar di seluruh dunia menyebutkan Manggis adalah buah Malaysia. Hal itu karena adanya "tetua" Manggis yang nama spesiesnya malaccensis, sehingga diperkirakan dari Malaka atau Malaysia. Padahal, menurut Ketua Perhimpunan Hortikultura Indonesia itu, spesies malaccensis dan hombroinina yang menurunkan Manggis Indonesia sejak dulu sudah banyak terdapat di Jambi. Dengan bukti tersebut, tambahnya, buku-buku teks yang menyebutkan Manggis buah asal Malaaysia perlu diperbaiki dan ke depan harus menyebutkan Manggis adalah buah asal Indonesia.

Roedhy menambahkan, para ilmuwan Indonesia telah mengajukan bukti bahwa Manggis merupakan buah asli Indonesia dalam simposium internasional tentang buah-buahan tropis dan subtropis ke-4 di Bogor, Jawa Barat, yang diikuti kalangan ilmuwan hortikultura dari seluruh dunia, pada tahun 2008. Para peserta yang umumnya ilmuwan hortikultura itu menyambut positif bukti-bukti dan penjelasan yang diajukan Indonesia dan jelas semakin menguatkan bahwa Manggis memang buah asli Indonesia.

Kandungan kimia Manggis

Manggis mengandung gula sakarosa, dekstrosa, dan levulosa. Komposisi bagian buah yang dimakan per 100 gram meliputi 79, 2 gram air, 0, 5 g protein, 19, 8 gram karbohidrat, o, 3 gram serat, 11 mg kalsium, 17 mg fosfor, 0, 9 mg besi, 14 IU vitamin A, 66 mg vitamin C, vitamin B (tiamin) 0, 09 mg, vitamin B2 (riboflavin) 0, 06 mg, dan vitamin B5 (niasin) 0, 1 mg.

Khasiat Manggis

Selain buahnya, kulit Manggis bisa dimanfaatkan sebagai pewarna alami dan bahan baku obat-obatan. Kulit ini mengandung senyawa xanton yang meliputi mangostin, mangostenol, mangostinon A, mangostenon B, trapezifolixanthone, tovophyllin B, alfamangostin, beta mangostin, garcinon B, mangostanol, flavonoid epicatechin, dan gartanin. Senyawa xanton hanya dihasilkan oleh genus garcinia. Di luar negeri kulit Manggis sudah dimanfaatkan sebagai suplemen diet, antioksidan, dan antikanker.

Ekstrak kulit Manggis bersifat antiproliferasi untuk menghambat pertumbuhan sel kankker. Selain itu, ekstrak ini juga bersifat apoptosis, penghancur sel kanker.

Xanton mampu merawat beberapa jenis kanker seperti kanker hati, pencernaan, paru-paru. Xanton dalam kulit Manggis juga ampuh mengatasi penyakit tuberkulosis (TBC), asma, leukimia, serta sebagai antiinflamasi dan antidiare. Dungkapkan Dr. Berna, selain antikanker dan antioksidan, juga mujarab untuk mengatasi jantung koroner dan meningkatkan daya tahan tubuh, terutama bagi pengidap HIV/AIDS.

Hasil penelitian menunjukkan, ekstrak kulit Manggis mempunyai aktivitas melawan sel kanker payudara, lever, dan leukimia. Juga biasa digunakan sebagai antihistamin, antiinflamasi, menekan sistem saraf pusat, dan penurun tekanan darah tinggi. Salah satu manfaat yang paling penting juice manggis xamthone plus untuk kesehatan, adalah menjelajah seluruh tubuh, menetralkan radikal bebas, sehingga tubuh kita menjadi lebih bersih dan lebih sehat daripada sebelumnya. Selain itu juga, xantone plus efeknya pada sistem kardiovaskular. Hal ini diyakini efektif dalam mencegah penyakit, seperti, arthritis, kanker, osteoporosis, tekanan darah tinggi, atherosclerosis, batu ginjal, katarak, glaukoma, alzheimer, dan neuralgia. Juga dikatakan bahwa buah ini dapat efektif dalam mengobati depresi, penuaan, kegemukan, kulit penyakit, alergi, borok, diare, demam, dan sakit lainnya.

Ramuan untuk hipertensi

Kulit dari dua buah Manggis, dicuci dan dipotong-potong, direbus dengan 4 gelas air sampai volume tinggal 1/2 nya, setelah dingin disaring lalu diminum dengan madu bila perlu (2 x sehari 3/4 gelas).

Itulah manfaat manggis bagi kesehatan, terutama untuk mengatasi tekanan darah tinggi. Semoga bermanfaat. Baca artikel kami sebelumnya : Manfaat Ciplukan Sebagai Obat Darah Tinggi

Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Manfaat ciplukan sangat luar biasa, namun banyak orang yang tidak tahu, selama ini memandang sebelah mata tanpa mengetahui khasiat obat tradisional ini, dan hanya sekedar memakan buahnya yang manis saja tanpa tahu khasiat mujarab dari ciplukan yang banyak kita jumpai disekitar kita ini. Salah satu manfaat ciplukan ini adalah sebagai obat darah tinggi yang mujarab.

Ciplukan atau dalam bahasa latin disebut dengan physalis angulata L. adalah tumbuhan herbal anual (tahunan) dengan tinggi 0, 1-1 m. Batang pokonya tidak jelas, percabangan menggarpu, bersegi tajam, berusuk, berongga, bagian yang hijau berambut pendek atau boleh dikatakan gundul. Daunnya tunggal, bertangkai, bagian bawah tersebar, di atas berpasangan, helaian berbentuk bulat telur-bulat memanjang-lanset dengan ujung runcing, ujung tidak sama (runcing-tumpul-membulat-meruncing), bertepi rata atau bergelombang-bergigi, 5-15x2, 5-10, 5 cm.

Bunga tunggal, di ujung atau ketiak daun, simetri banyak, tangkai bunga tegak dengan ujung yang mengangguk, langsing, lembayung, 8-23 mm, kemudian tumbuh sampai 3 cm. Kelopak berbentuk genta, 5 cuping runcing, berbagi, hijau dengan rusuk yang lembayung. Mahkota berbentuk lonceng lebar, tinggi 6-10 mm, kuning terang dengan noda-noda cokelat atau kuning cokelat, di bawah tiap noda terdapat kelompokan rambut-rambut pendek yang berbentuk V. Tangkai benang sarinya kuning pucat, kepala sari seluruhnya berwarna biru muda. Putik gundul, kepala putik berbentuk tombol, bakal buah dua daun buah, dan banyak bakal biji. Buah Ciplukan berbentuk telur, panjangnya sampai 14 mm, hijau sampai kuning jika masak, berurat lembayung, memiliki kelopak buah.

Sejak lama, Ciplukan sebenarnya telah diteliti oleh para ahli dari berbagai negara. Penelitian tersebut biasanya terfokus pada aktivitas yang dimiliki oleh Ciplukan. Dari penelitian yang telah dilakukan, baik secara in vitro maupun in vivo, didapatkan informasi bahwa Ciplukan memiliki aktivitas sebagai antihiperglikemi, antibakteri, antivirus, imunostimulan dan imunosupresan (imunomodulator), antiinmflamasi, antioksidan, dan sitotoksik.

Kandungan kimia Ciplukan

Senyawa-senyawa aktif yang terkandung dalam Ciplukan antara lain, saponin, flavonoid, polifenol, dan fisalin. Komposisi detail pada beberapa bagian tanaman, antara lain:

1. Biji: 12-25% protein, 15-40% minyak lemak dengan komponen utama asam palmitat dan asam strearat.
2. Akar: Alkaloid.
3. Daun: Glikosida flavonoid (luteolin).
4. Tunas: Flavonoid dan saponin.

Khasiat Ciplukan

Akar tumbuhan Ciplukan pada umumnya digunakan sebagai obat cacing dan penurun demam. Daunnya digunakan untuk penyembuhan patah tulang, busung air, bisul, borok, penguat jantung, keseleo, nyeri perut, dan kencing nanah. Buah Ciplukan sendiri sering dimakan untuk mengobati epilepsi, tidak dapat kencing, dan penyakit kuning.

Ramuan untuk hipertensi

Ambillah 5 gram Ciplukan kering dan masukkan ke dalam air 250 ml (2 gelas). Rebus campuran tersebut selama 10-15 menit sambil sesekali diaduk. Selanjutnya, saring dan biarkan sampai dingin. Air rebusan diminum dua kali pagi-sore.

Demikian itu manfaat dan khasiat ciplukan bagi kesehatan, semoga bermanfaat. Silakan baca artikel kesehatan menarik yang lainnya : Manfaat Buah Buni Sebagai Obat Darah Tinggi
Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Manfaat buah Buni sangat banyak, untuk mencegah penyakit kolesterol, darah tinggi, kanker, sipilis, menjaga kesehatan mata, baik untuk peremajaan kulit, dan lain-lain. Namun kali ini kita akan membahas manfaat buah buni sebagai obat darah tinggi.

Buah buni dalam bahasa latin disebut dengan Antidesma bunius [L.] Spreng. Pohon Buni tingginya bisa mencapai 15-30 m. Pohon berbatang sedang ini tersebar di Asia Tenggara dan Australia, di pulau Jawa tumbuh liar di hutan atau ditanam di halaman. Daun tunggal, bertangkai pendek, bentuknya bulat telur sungsang sampai lanset, panjang 9-25 cm, tepi rata agak bergelombang, ujungnya meruncing, dan tumpul pada pangkalnya. Daun muda warnanya hijau muda setelah tua menjadi hijau tua. Buni berumah dua, bunga dalam tandan, keluar dari ketiak daun atau di ujung percabangan.

Buahnya kecil-kecil panjang sekitar 1 cm, bentuknya elips berwarna hijau, bila masak menjadi ungu kehitaman dan rasanya manis sedikit asam. Biji pipih dengan rusuk berbentuk jala. Daun muda rasanya sedikit asam, dapat disayur atau dimakan mentah sebagai lalapan. Buah muda dirujak dengan buah lain, sedang yang masak dapat dimakan langsung, diekstrak dengan brandi, dibuat selai atau sirop. Daunnya oleh pembuat jamu disebut mojar, biasa dipakai untuk campuran ramuan jamu kesehatan. Pengembangbiakan dengan biji atau okulasi.

Kandungan kimia buah Buni

Buni berasa asam. Kulit batang rasanya sepat, mengandung sedikit alkaloida yang beracun. Dan daunnya sendiri mengandung Friedelin.

Khasiat buah Buni

Buni bisa mengatasi kurang darah, darah kotor, hipertensi, jantung berdebar, batuk, gangguan pencernaan, sifilis, dan kencing nanah.

Ramuan untuk hipertensi

Ambil buah Buni yang telah masak sebanyak 30 butir dicuci bersih. Kunyah sampai halus, bijinya dibuang dan daging buahnya ditelan. Segera minum air hangat satu cangkir. Lakukan 2-3 kali sehari.

Itulah manfaat buah buni bagi kesehatan, terutama untuk obat hipertensi. Jangan lupa baca artikel kami yang lain tentang : Manfaat Jambu Biji Sebagai Obat Darah Tinggi

Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Begitu banyak manfaat Jambu Biji, salah satunya adalah sebagai obat darah tinggi. Jambu Biji dalam bahasa latinnya adalah Psidium guajava. Jambu biji menjadi populer ketika penyakit demam berdarah merebak. Padahal buah ini memiliki manfaat beragam bagi kesehatan. Mengkonsumsinya secara rutin dapat mencegah berbagai macam penyakit. Selain baik bagi kesehatan, Jambu biji ini harganya relatif murah dibandingkan dengan buah-buahan lain.

Kandungan kimia buah Jambu biji

Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker, likopen, potasium, karetinoid, dan vitamin C.

Khasiat Buah Jambu Biji

1. Mencegah kanker

Jambu biji mengandung antioksidan pelawan kanker dan likopen. Likopen dalam Jambu biji lebih mudah diserap tubuh dibanding yang berasal dari Tomat karena perbedaan dalam struktur selnya. Konsumsi likopen yang cukup sangat berpengaruh pada penurunan risiko kanker prostat pada pria. Semua jenis Jambu biji mengandung antioksidan yang tinggi, terutama pada Jambu biji berdaging merah.

2. Mengobati diare

Tanaman Jambu biji memiliki astringen, zat kimia yang akan menyusutkan jaringan tubuh. Ini sebabnya gusi akan terasa lebih keras dan segar setelah kita mengunyah Jambu biji. Selain itu daun Jambu biji juga mengandung zat antibakteri sehingga bisa mencegah pertumbuhan bakteri saat disentri. Pembunuh bakteri lain dalam buah ini adalah karetinoid, vitamin C, dan potasium.

4. Menyembuhkan batuk dan flu

Daun Jambu biji yang dimakan mentah atau buah yang masih mentah yang dibuat jus dipercaya secara turun-temurun sebagai obat mengatasi batuk dan flu. Ramuan ini bekerja dengan cara mengurangi pembentukan lendir serta membuat saluran pernapasan bebas infeksi. Buah Jambu biji juga kaya akan vitamin C dan zat besi yang efektif untuk menghambat ifeksi virus flu.

5. Merawat kulit

Kandungan astringet dalam Jambu biji akan meningkatkan tekstur kulit dan mengencangkan kulit yang mulai kendur. Bukan hanya itu buah ini juga mengandung vitamin A, C dan potasium yang memiliki fungsi sebagai antioksidan. Nutrisi ini akan membantu proses detoksifikasi dan menjaga kulit tetap sehat serta bebas keriput.

6. Mencegah sembelit

Kandungan serat yang tinggi dalam Jambu biji efektif mencegah sembelit atau konstipasi. Buah Jambu biji ukuran sedang mengandung 36 persen kebutuhan serat yang direkomendasikan. Selain itu, biji buah ini juga menjadi laksatif yang ampuh yang berfungsi untuk membantu membersihkan sistem pembuangan usus.

7. Membantu mengobati diabetes

Menurut penelitian yang dilakukan pada tikus, baik buah dan daun Jambu biji bisa membantu menurunkan kadar gula darah.

8. Menurunkan berat badan

Buah ini memiliki komponen yang diperlukan untuk menurunkan berat badan, misalnya serat, protein, dan vitamin. Buah ini juga membuat perut terasa lebih kenyang. Jambu biji berukuran sedang yang diasup saat makan siang sudah cukup untuk mengganjal perut sampai makan malam.

9. Mengatasi sariawan perut

Vitamin C yang terkandung dalam Jambu biji empat kali lebih tinggi dibanding dengan vitamin C yang terdapat dalam jeruk. Selain itu, buah ini juga menjadi obat yang ampuh untuk sariawan perut, penyakit yang ditandai dengan gusi bengkak dan berdarah.

10. Merawat gigi

Konsumsi jus Jambu biji untuk merawat gusi, mengatasi gusi bengkak, dan berdarah.

Itulah manfaat dan khasiat jambu biji, yang salah satunya adalah sebagai obat darah tinggi. Jambu biji sudah tidak asing lagi bagi kita, karena bisa ditemukan disekitar kita. Semoga bermanfaat dan jangan lupa baca artikel kami yang lain : Manfaat Wortel Sebagai Obat Darah Tinggi
Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Manfaat wortel sangat banyak, salah satunya adalah sebagai obat hipertensi atau darah tinggi. Wortel ini dalam bahasa latinnya disebut dengan Daucus carota, Linn.

Wortel termasuk sayur-sayuran paling tua yang dikenal manusia. Manusia mulai mengkonsumsi Wortel setelah mengetahui beberapa manfaat kesehatan yang terkandung di dalamnya. Konon, orang-orang Yunani dan Romawi yang pertama kali mempublikasikan manfaat Wortel ini. Informasi mengenai manfaat Wortel itu didapat di dalam buku-buku yang telah ditulis sejak 130 tahun sebelum masehi.

Wortel dikategorikan sebagai alat kecantikan yang utama, karena ia kaya akan vitamin A. Vitamin ini sangat penting untuk kesehatan dan kemulusan kulit, karenanya ia termasuk jenis sayuran alami yang bermanfaat untuk pemeliharaan kulit. Sebagaimana disampaikan oleh para ahli kecantikan, mengkonsumsi jus (sari buah) Wortel yang segar secara teratur akan memberikan pengaruh yang besar, seperti mencegah timbulnya bintik dan noda hitam pada kulit, serta dapat memperindah warna kulit yang secara umum terlihat lebih bersih. Manfaat Wortel tidak hanya untuk kulit saja, tapi juga untuk nutrisi rambut dan mata, karena kedua organ ini sangat membutuhkan vitamin A.

Namun untuk memperoleh manfaat wortel secara maksimal, anda harus jeli dalam  memilihnya. Pilihlah Wortel yang berwarna agak muda dan terang. Ini menandakan, Wortel tersebut tidak terlalu tua dan segar. Selain bisa menghaluskan kulit, ia juga berkhasiat untuk hal lainnya, seperti mengatasi hipertensi, mengobati luka bakar, menyembuhkan batuk, meredakan nyeri haid, dan menyembuhkan sembelit.

Kandungan vitamin buah Wortel

Wortel mempunyai nilai kandungan vitamin A yang tinggi, yaitu sebesar 12000 SI. Sementara komposisi kandungan unsur yang lain adalah kalori sebesar 42 kalori, protein 1, 2 gram, lemak 0, 3 gram, hidrat arang 9, 3 gram, kalsium 39 mlgm, fosfor 37 mlgm, vitamin B1 0, 06 mlgm, dan vitamin C 6 mlgm. Komposisi di atas diukur per 100 gram.

Khasiat buah Wortel

1. Mengatasi hipertensi. Ambil 500 gram Wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minum segera. Usahakan untuk rutin meminum air Wortel ini tiga kali dalam sehari.

2. Mengatasi demam pada anak. Ambil 200 gram Wortel kemudian cuci bersih. Parut dan peras sampai keluar sarinya. Rebus air perasannya, minum selagi hangat.

3. Mengatasi luka bakar. Wortel ditumbuk hingga halus dan dioleskan pada luka bakar. Lakukan sesering mungkin sampai luka tidak terasa panas.

4. Menyembuhkan batuk. Sebatang Wortel dibersihkan dan diparut. Beri beberapa sendok air panas dan peras. Tambahkan sedikit gula Aren, aduk sampai rata. Minum dua kali dalam sehari.

5. Mengatasi nyeri haid. 250 gram Wortel cuci bersih lalu potong-potong. Tambahkan sedikit air, lalu diblender. Usahakan untuk meminum ramuan ini setidaknya dua kali dalam sehari.

6. Mengatasi sembelit. Ambil dua Wortel yang masih muda lalu cuci bersih dan parut. Tambahkan dua sendok makan air matang dan sedikit garam, lalu peras. Minum airnya dua kali sehari.

7. Menghaluskan wajah. Ambil 2-3 Wortel yang sudah dikupas bersih, lalu cuci dan parut. Kemudian langsung oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu sampai kering. Bilas.

Ramuan untuk hipertensi

Ambil 500 gram Wortel cuci bersih kemudian potong-potong, beri sedikit air matang, lalu diblender. Saring, dan minumsegera. Usahakan untuk rutin meminum air Wortel ini tiga kali dalam sehari.

Demikian manfaat dari buah wortel yang banyak kita jumpai sehari-hari, semoga dengan artikel ini bisa menambah khazanah ilmu kita. Silakan Anda baca artikel kami yang lain: Manfaat Labu Siam Sebagai Obat Darah Tinggi


Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Manfaat labu siam bagi kesehatan mungkin tidak banyak yang tahu, padahal labu siam ini banyak kita temukan sehari-hari. Salah satu manfaat labu siam adalah sebagai obat darah tinggi. Labu siam bahasa latinnya adalah Sechium edule Sw.

Labu siam bukanlah sesuatu yang asing bagi sebagian besar penduduk Indonesia. Labu siam dikenal dengan beberapa sebutan, seperti labu jipang (Jawa Tengah), manisah (Jawa Timur), serta waluh siam (Jawa Barat). Di dunia internasional, sayuran ini disebut chayote. Pertama kali ditemukan oleh Patrick Browne di Jamaika pada tahun 1756.

Dalam kehidupan sehari-hari, Labu siam dikenal sebagai sayuran buah yang menyehatkan. Buahnya bisa dimasak sebagai lalapan, sayur lodeh, oseng-oseng, atau sayur asam. Pucuk batang dan daun mudanya biasa dibuat lalap atau sayuran lainnya.

Labu siam merupakan tanaman yang termasuk dalam famili cucurbitaceae. Tanaman ini termasuk tanaman merambat yang dapat tumbuh pada tanah dataran tinggi maupun dataran rendah, tanpa banyak memerlukan perawatan khusus.

Berdasarkan penampilan buahnya, Labu siam terbagi menjadi dua varietas, yaitu varietas Labu siam dan varietas Labu anggur. Varietas Labu siam memiliki ukuran buah besar, dapat dipanen pada umur cukup tua untuk bahan sayuran, atau stadium amat muda (baby) sebagai bahan lalapan. Varietas Labu anggur memiliki ukuran buah kecil, umumnya dipanen pada stadium amat muda (baby) untuk dijadikan bahan lalapan.

Kandungan kimia buah Labu siam

Buah Labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1, 7 g per 100 gram. Serat pangan mampu mengurangi waktu tinggal (transit time) makanan sejak dari rongga mulut hingga sisa makanan dikeluarkan dalam bentuk feses. Selama tinggal di saluran pencernaan, serat pangan akan mengikat zat-zat karsinogenik (penyebab kanker). Berkat singkatnya transit time sisa makanan di saluran pencernaan, waktu zat karsinogenik bermukim dalam tubuh juga makin pendek, sehingga peluang terjadinya kanker menjadi sangat kecil.

Kandungan asam folat pada buah Labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 gram. Konsumsi 100 gram Labu siam cukup untuk memenuhi 23, 25 persen kebutuhab tubuh akan folat. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil berhubungan dengan erat dengan berat bayi lahir rendah dan kejadian neural tube defects (gangguan otak).

Defisiensi asam folat ditandai oleh gejala anemia, yaitu jumlah sel butir darah merah berkurang. Kebutuhan asam folat pada orang dewasa adalah 400 mkg per hari. Kebutuhan ini menjadi dua kali lipat pada ibu yang sedang hamil, dan bertambah 50 persen pada ibu yang sedang menyusui.

Khasiat Labu siam

1. Cegah kanker. Buah Labu siam memiliki kadar serat yang cukup baik, yaitu 1, 7 per 100 gram. Konsumsi serat dalam jumlah yang cukup sangat baik untuk mengatasi sembelit dan aman untuk lambung yang sensitif atau radang usus. Serat pangan dapat mengurangi risiko penyakit kanker yang disebabkan sistem pencernaan yang tidak sempurna. Dengan mengkonsumsi rutin makanan olahan Labu siam, mampu menekan risiko kanker.

2. Makanan baik wanita hamil. Asam folat sangat penting bagi ibu hamil karena dapat mengurangi risiko kelahiran bayi cacat. Konsumsi asam folat yang rendah pada ibu hamil berhubungan erat dengan berat bayi lahir rendah dan kejadian neural tube defects (gangguan otak). Kandungan asam folat pada buah Labu siam juga cukup baik, yaitu 93 mkg per 100 gram. Konsumsi 100 gram labu siam setiap hari cukup untuk memenuhi 23, 25 persen kebutuhan tubuh akan asam folat.

3. Cegah hipertensi. Buah Labu siam juga kaya akan kalium. Kalium berguna bagi tubuh untuk mengendalikan tekanan darah, tetapi darah tinggi, serta membersihkan karbondioksida di dalam darah. Kaliumjuga bermanfaat untuk memicu kerja otot dan simpul saraf. Kalium yang tinggi juga akan memperlancar pengiriman oksigen ke otak dan membantu memperlancar keseimbangan cairan, sehingga tubuh menjadi lebih segar. Untuk itu, penderita tekanan darah tinggi baik secara rutin mengkonsumsi Labu siam.

4. Turunkan kolesterol. Buah labu siam juga mengandung komponen vitamin yang cukup tinggi. Niasin merupakan bagian dari vitamin B kompleks yang disebut sebagai vitamin B3, berfungsi untuk menurunkan produksi VLDL (very low density lipoprotein) di dalam hati, sehingga produksi kolesterol LDL (low density lipoprotein) dan trigliserida dapat menurun. Mengkonsumsi rutin berbagai olahan Labu siam sangat baik untuk menurunkan kolesterol.

5. Atasi asam urat. Labu siam juga sangat baik bagi penderita asam urat. Efek diuretik dari labu siam akan melancarkan pembuangan air kecil, sehingga kelebihan asam urat dapat segera dikeluarkan dari dalam tubuh.

6. Diabetes mellitus (kencing manis). Labu siam juga baik bagi penderita diabetes. Hal itu disebabkan pada Labu siam terdapat kandungan karbohidrat yang cukup tinggi, sehingga penderita diabetes tidak perlu mengonsumsi makanan pokok secara berlebihan. Konsumsi rutin Labu siam yang dikukus, karena kandungan patinya mengenyangkan.

Ramuan untuk hipertensi

Berikut beberapa contoh terapi jus dari Labu siam untuk menurunkan tekanan darah tinggi. Bahan-bahan yang diperlukan, 200 gram Labu siam, 200 gram Mentimun. Kedua bahan ini dicuci dan dipotong-potong, dimasukkan ke dalam juicer. Lalu, airnya/sarinya diminum.

Itulah manfaat labu siam sebagai obat darah tinggi, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca artikel:  Manfaat Mindi Kecil Sebagai Obat Darah Tinggi

Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Manfaat Mindi Kecil salah satunya adaalah untuk obat darah tinggi, Mindi Kecil dalam bahasa latinnya adalah Melia azedarach L. Tumbuhan Mindi kecil kerap kali ditanam di sisi jalan sebagai pohon pelindung, kadang tumbuh liar di daerah-daerah dekat pantai. Pohon yang bercabang ini mempunyai kulit batang yang berwarna cokelat tua, dengan tinggi sampai 4 m. Daunnya majemuk, menyi-rip ganda, tumbuh berseling dengan panjang 20-80 cm. Anak daun bentuknya bulat telur sampai lanset, tepi bergerigi, ujung runcing, pangkal membulat atau tumpul, permukaan atas daun berwarna hijau tua, bagian bawah hijau muda, panjang 3-7 cm, lebar 1, 5-3 cm.

Bunga majemuk dalam, yang panjangnya 10-20 cm, keluar dari ketiak daun. Daun mahkota berjumlah 5, panjangnya sekitar 1 cm, warnanya ungu pucat, dan berbau harum. Buahnya buah batu, bulat, diameter sekitar 1, 5 cm. Jika masak warnanya cokelat kekuningan, dan berbiji satu. Pengembangbiakan dengan biji.

Biji Mindi kecil sangat beracun dan bisa digunakan untuk meracuni ikan atau serangga. Daun yang dikeringkan di dalam buku bisa menolak serangga atau kutu.

Kandungan kimia Mindi kecil

Kulit kayu dan kulit akar Mindi kecil mengandung toosendanin dan komponen yang larut. Selain itu, juga terdapat alkaloid azardine (margosina), kaemferol, resin, tannin, n-triacontane, a-sitosterol, dan triterpene kulinone. Kulit akar kurang toksik dibanding dengan kulit kayunya.

Biji mengandung resin yang sangat beracun, 60% minyak lemak terdiri dari asam stearat, palmitat, oleat, linoleat, laurat, valerianat, butirat, dan sejumlah kecil minyak esensial sulfur.

Buah mengandung sterol, katekol, asam vanilat, dan asam bakayanat. Daun mengandung alkaloid paraisina, flavonoid rutin, zat pahit, saponin, tannin, steroida, dan kaemferol. Bagian tanaman yang digunakan sebagai obat adalah kulit kayu, kulit akar, buah, dan daunnya.

Khasiat Mindi kecil

Kulit akar dan kulit kayu Mindi kecil rasanya pahit, sifatnya dingin, sedikit beracun (toksik). Dan berkhasiat membersihkan panas dan lembab, peluruh kencing (diuretic), pencahar (laksatif), perangsang muntah, dan peluruh cacing usus (anthelmintik).

Buah Mindi kecil (Chuan lian zi) rasanya pahit, sifatnya dingin, sedikit toksik. Ia berkhasiat peluruh cacing usus (anthelmintik), mengaktifkan energi vital guna meredakan nyeri, dan semangat obat luar berkhasiat anti jamur.

Daun berkhasiat peluruh kencing (diuretic) dan peluruh cacing. Seluruh tanaman berkhasiat pembunuh serangga.

Ramuan untuk hipertensi

Siapkan kulit kayu atau kulit akar Mindi kecil yang kering sebanyak 15-30 gram atau 30-60 gram direbus atau dijadikan bubuk/pil.

Itulah manfaat mindi kecil yang dapat digunakan sebagai obat darah tinggi, semoga bermanfaat bagi Anda. Baca juga artikel kami selanjutnya : Manfaat Ketepeng Cina Sebagai Obat Darah Tinggi

Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Ketepeng Cina mempunyai manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, salah satunya adalah sebagai obat darah tinggi. Ketepeng Cina bahasa latinya adalah Cassia alata. Ketepeng Cina merupakan jenis perdu yang besar dan banyak tumbuh secara liar di tempa-tempat yang lembab. Kini tumbuhan ini sering dipelihara sebagai perindang halaman rumah. Ketepeng Cina atau sering disebut sebagai ketepeng kebo (Jawa) seven golden candlestik (Inggris), ketepeng badak (Sunda), acon-aconan (Madura), sajamera (Halmahera), kupang-kupang (Ternate), tabankun (Tidore), daun kupang, daun kurap, gelenggang, uru'kap (Sumatera).

Bunga Ketepeng Cina mempunyai mahkota yang pada bagian bawahnya berwarna kuning dan ujung kuncup pada tandan berwarna cokelat muda. Buahnya berupa buah polong yang bersayap dan pipih berwarna hitam. Batangnya lurus, pangkal batang berkayu, banyak bercabang, daerah ujung batang berambut jarang. Daun letak berseling, berupa daun majemuk menyirip ganda terdiri dari tiga pasang anak daun yang bentuknya bulat telur sungsang, panjang 2-3 cm, lebar 1 1/2-3 cm ujung agak membulat dan pangkal daun melancip, warna hiaju, permukaan bawah daun berambut halus. Tanaman perdu ini berasal dari Amerika tropik dan menyukai tempat terbuka atau agak teduh dapat tumbuh di dataran rendah sampai 800 m di atas permukaan laut.

Kandungan Kimia Ketepeng Cina

Ketepeng Cina memiliki rasa pedas dan bersifat hangat. Beberapa bahan kimia yang terkandung dalam tanaman ini di antaranya, tannin, rein aloe-emodina, rein aloe-emodina-diantron, rein aloe-emodina, dan asam krisofanat. Efek farmakologis yang dimiliki oleh Ketepeng Cina di antaranya sebagai pencahar, obat cacing, penghilang gatal-gatal, dan obat kelainan kulit yang disebabkan oleh parasit kulit.

Khasiat Buah Ketepeng Cina

Ketepeng Cina berkhasiat untuk mengobati beberapa penyakit. Di antaranya:

1. Radang mata merah, luka kornea (ulcus cornea), rabun senja, glaucoma.
2. Tekanan darah tinggi.
3. Hepatitis, cirrhosis, ascites (perut busung air)
4. Sulit buang air besar (habitual constipation).

Ramuan Ketepeng Cina Untuk Hipertensi

Untuk hipertensi atau tekanan darah tinggi, ambillah 15 gram biji Ketepeng lalu digongseng (goreng tanpa minyak) sampai kuning, kemudian digiling sampai terasa kesat, ditambah gula secukupnya, seduh dengan air panas atau direbus, minum sebagai pengganti teh.

Itulah salah satu manfaat ketepeng cina yang berguna untuk menurunkan tekanan darah tinggi (hipertensi). Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda, dan jangan lupa baca artikel kami yang lain: Manfaat Mentimun Sebagai Obat Darah Tinggi
Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Manfaat mentimun salah satunya adalah untuk obat darah tinggi. Mentimun dalam bahasa latinya disebut Cucumis sativus. Mentimun atau Ketimun sering digunakan sebagai lalapan, makanan diet ataupun sebagai masker untuk kecantikan. Mentimun (Cucumis sativus) adalah tanaman yang mempunyai sulur dahan berbentuk spiral. Daunnya bertangkai panjang, bentuknya lebar bertaju dengan pangkal berbentuk jantung, ujungnya runcing dan tepi bergerigi.

Batangnya berbulu halus, bunganya yang jantan berwarna putih kekuningan dan yang betina berbentuk sperti terompet, buahnya bulat panjang, tumbuh bergantung, warnanya berlilin putih dan setelah tua warnanya kuning kotor. Panjang buahnya kira-kira 10-30 cm, pangkalnya berbuntil dan banyak mengandung air. Bijinya banyak, bentuknya lonjong meruncing pipih dan warnanya putih kotor.

Mentimun sudah dibudidayakan di kawasan Asia Selatan sejak 300 tahun yang lalu. Mentimun memerlukan kelembapan udara yang tinggi, tanah subur yang gembur dan sinar matahari penuh dengan drainase yang baik. Mentimun tumbuh baik dari dataran rendah sampai 1. 300 m di atas permukaan laut.

Sejak dahulu Mentimun digunakan untuk kesehatan. Orang Romawi kuno menggunakannya untuk mengobati gigitan kalajengking dan mengompres mata yang lelah. Penduduk Asia minum jus Timun untuk menyejukkan tubuh pada musim panas. Maklum, Mentimun punya efek mendinginkan. Itulah mengapa ada ungkapan cool as a cucumber.

Ada beberapa jenis Mentimun, antara lain Watang, Turus, Suri, dan Krai. Buah Mentimun dipercaya mengandung zat-zat saponin (mengeluarkan lendir), protein, lemak, kalsium, fosfor, besi, berelang, vitamin A, B1, dan C. Biji buah Mentimun mengandung banyak vitamin E untuk menghambat penuaan dan menghilangkan keriput. Di balik kesegaran dagingnya yang banyak mengandung air, ternyata banyak tersimpan vitamin C dan asam kafeat untuk meredakan iritasi kulit dan mengurangi penumpukan cairan di bawah kulit. Mentimun sering digunakan untuk mempercantik kulit wajah. Irisan Mentimun digunakan sebagai masker wajah untuk menyegarkan atau menghaluskan kulit wajah serta mengurangi kelebihan minyak di wajah.

Kandungan buah Mentimun

Kandungan zat gizi yang terdapat pada Mentimun per 100 gram berat badan adalah energi 12 kalori, protein 0. 7 gram, lemak 0. 1 gram, karbohidrat 2. 7 gram, kalsium 10 mg, besi 0. 3 mg, vitamin A 0 RE, vitamin C 8. 0 mg dan vitamin B1 0. 3 mg. Bagi orang yang menderita hipertensi disarankan untuk mengkonsumsi Mentimun.

Menurut hasil penelitian dari Food Research Institute, Department of Food Microbiology, University of Winconsin, Madison, Mentimun mengandung asam linoleat terkonjugasi (Conjugated Linoleic Acids/CLA) yang bersifat antioksidan. Antioksidan berperan mencegah kerusakan sel akibat radikal bebas penyebab kanker, penyakit jantung, dan mengurangi kadar lemak dalam tubuh.

Kandungan vitamin C dalam Mentimun bermanfaat untuk meningkatkan kadar glutation, yaitu asam amino bersifat antioksidan yang dihasilkan secara alami oleh sel tubuh. Efek menyegarkan dan kandungan vitamin C dalam Mentimun juga membantu mengobati sariawan dan menurunkan demam. Beberapa iris Mentimun bisa dimakan setelah menyikat gigi untuk menyegarkan mulut. Napas pun terasa segar.

Khasiat buah Mentimun

Mengkonsumsi Mentimun juga dapat menurunkan berat badan karena Mentimun, yang kandungan kalorinya rendah dan kaya akan serat, mampu mengkontrol berat badan. Kandungan serat dalam Mentimun dapat menurunkan kadar lemak tubuh dan kolesterol serta memberi efek mengenyangkan. Selain itu, Mentimun juga mengandung asam malonat yang dapat mencegah gula darah berubah menjadi lemak, sehingga sangat membantu untuk menurunkan berat badan. Ada kalanya Mentimun berasa pahit. Rasa pahit itu berasal dari saponin, yaitu senyawa fitokimia yang terdapat dalam lendir Mentimun. Meskipun pahit, saponin memiliki manfaat sebagai antikanker, menurunkan kolesterol, dan menigkatkan daya tahan tubuh.

Mentimun juga bermanfaat untuk detoksifikasi. Kandungan air yang sangat tinggi (hingga 90 persen), membuat Mentimun memiliki efek diuretic (memperlancar buang air kecil), membantu menghilangkan dan menetralkan toksin (racun), serta membantu menggelontorkan bakteri di sepanjang usus dan dinding kandung kemih. Kandungan air dan mineral kalium dalam Mentimun juga mengeluarkan kelebihan asam urat dan sisa metabolisme melalui ginjal.

Sekadar diketahui, asam urat yang berlebihan di dalam darah akan membentuk kristal yang menumpuk di persendian sehingga menyebabkan penyakit artritis atau radang sendi. Sedangkan sisa metabolisme berupa garam mineral yang menumpuk di saluran kemih akan membentuk batu ginjal. Karena itulah, penderita artritis dan batu ginjal disarankan untuk makan Mentimun.

Ramuan untuk hipertensi

1. Dua buah Mentimun segar dicuci bersih lalu diparut. Hasil parutannya diperas dan disaring, lalu diminum sekaligus. Lakukan 2-3 sehari.

2. Buah Mentimun secukupnya diblender untuk menghasilkan jus yang segar.

Sekadar tips, saat anda memakan buah Mentimun bisa memotong kedua ujungnya lalu menggosok-gosoknya hingga keluar lendir. Saat makan Mentimun jangan dikupas kulitnya karena serat kasarnya dapat membantu menurunkan berat badan.

Itulah manfaat mentimun sebagai obat darah tinggi, semoga bermanfaat. Jangan lupa baca juga artikel kami sebelumnya : Manfaat Buah Mengkudu Sebagai Obat Darah Tinggi.

Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Manfaat buah mengkudu sangat banyak sekali, salah satunya adalah sebagai obat darah tinggi atau hipertensi. Mengkudu dalam bahasa latin disebut dengan Morinda citrifolia, Linn. Asal-usul Mengkudu tidak terlepas dari keberadaan bangsa Polinesia yang menetap di kepulauan Samudra Pasifik. Bangsa Polinesia dipercaya berasal dari (Asia Tenggara). Pada tahun 100 SM, bangsa yang terkenal berani mengembara.

Tanpa sebab yang jelas mereka menyeberangi lautan meninggalkan tanah air mereka. Ada kesan para pengembara itu dikecewakan oleh suatu hal dan maksud menjauhkan diri dari kehidupan sebelumnya. Setelah lama mengembara, mereka sampai di sekitar Polinesia, yaitu kepulauan di sekitar Pasifik Selatan. Para petualang tersebut langsung jatuh hati saat melihat indahnya pemandangan, kondisi pantai, dan pulaunya.

Uniknya, mereka seakan telah mempersiapkan diri untuk berpindah ke pulau lain. Hal ini bisa dibuktikan dengan adanya sejumlah tumbuhan dan hewan yang ikut dibawa, karena dianggap penting untuk mempertahankan hidup. Beberapa tumbuhan asli, seperti Pisang, Talas, Ubi Jalar, Sukun, Tebu, dan mengkudu, dibawanya. Di antara yang dibawa itu, masih ada yang berupa stek dan tunas. Salah satu tumbuhan itu, yakni Mengkudu, dianggap barang keramat. Sejak 1500 tahun lalu penduduk kepulauan yang kini disebut Hawai itu mengenal Mengkudu dengan sebutan nono. Mereka menduga tumbuhan bernama latin morinda sebagai hawai magic plant, karena buah ini dipercaya bisa mengobati berbagai macam penyakit.

Kandungan kimia buah Mengkudu

Mengkudu atau noni memiliki banyak zat aktif yang sangat berkhasiat dalam mencegah dan mengatasi berbagai penyakit. Berikut adalah kandungan senyawa berkhasiat yang terdapat dalam buah Mengkudu ini:

1. Senyawa Terpenoid

Adalah senyawa hidrokarbon isometrik yang juga terdapat pada lemak/minyak esensial (essential oils), yaitu jenis lemak yang sangat penting bagi tubuh. Zat-zat terpenoid membantu tubuh dalam proses sintesa organik dan pemulihan sel-sel tubuh.

2. Zat antibakteri

Acubin, L. asperuloside, alizarin dan beberapa zat antraquinon telah terbukti sebagai zat antibakteri. Zat-zat yang terdapat di dalam buah Mengkudu telah terbukti menunjukkan kekuatan melawan golongan bakteri infeksi: pseudonzonas aeriginosa, proteus morganii, staphylo-coccus aureus, bacillus subtilis, dan escherichia coli.

Pengujian selanjutnya menunjukkan bahwa kegiatan zat anti bakteri dalam buah Mengkudu dapat mengontrol dua golongan bakteri yang mematikan (patogen), yaitu: salmonella dan shigella. Penemuan zat-zat antibakteri dalam sari buah Mengkudu mendukung kegunaannya untuk merawt penyakit infeksi kulit, pilek, demam dan berbagai masalah kesehatan yang disebabkan oleh bakteri.

3. Beberapa jenis asam 

Asam askorbat yang ada di dalam buah Mengkudu adalah sumber vitamin C yang luar biasa. Vitamin C merupakan salah satu antioksidan yang hebat. Antioksidan bermanfaat untuk menetralisir radikal bebas (partikel-pertikel berbahaya yang terbentuk sebagai hasil sampingan proses metabolisme yang dapat merusak materi genetik dan merusak sistem kekebalan tubuh). Asam kaproat, asam kaprilat, dan asam kaprik termasuk golongan asam lemak. Asam kaproat dan asam kaprik inilah yang menyebabkan bau busuk yang tajam pada buah Mengkudu.

4. Nutrisi lengkap

Secara keseluruhan Mengkudu merupakan bahan makanan yang bergizi lengkap. Sebagian besar adat budaya Polinesia masa lampau maupun sekarang, menggunakan buah Mengkudu sebagai makanan utama. Penduduk asli kepulauan Pasifik Selatan mengkonsumsi buah Mengkudu untuk dapat bertahan hidup pada waktu kelaparan. Demikian pula, para prajurit yang menetap di kepulauan Polinesia selama perang dunia II dianjurkan untuk mengkonsumsi buah Mengkudu untuk menambah kekuatan dan tenaga.

Zat-zat nutrisi yang dibutuhkan tubuh  antara lain, karbohidrat, protein, vitamin, dan mineral-mineral esensial juga tersedia dalam buah maupun daun Mengkudu. Selenium adalah salah satu contoh mineral yang banyak terdapat pada Mengkudu dan merupakan antioksidan yang hebat.

5. Scopoletin

Pada tahun 1993, peneliti universitas Hawai berhasil memisahkan zat-zat scopoletin dari buah Mengkudu. Zat-zat ini mempunyai khasiat pengobatan dan sebagai tambahan para ahli percaya bahwa scopoletin adalah salah satu di antara zat-zat yang terdapat dalam buah Mengkudu yang dapat mengikat serotonin, salah satu zat kimiawi penting di dalam tubuh manusia.

Scopoletin berfungsi memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan dan melancarkan peredaran darah. Selain itu scopoletin juga telah terbukti dapat membunuh beberapa tipe bakteri, bersifat fungisida (pembunuh jamur) terhadap pythium sp dan juga bersifat antiperadangan dan antialergi.

6. Zat antikanker (Damnacanthal)

Beberapa penelitian baru tentang Mengkudu dilakukan untuk mengetahui kandungan zat-zat antikanker (damnachantal). Empat ilmuwan Jepang berhasil menemukan zat antikanker pada ekstrak Mengkudu ketika merka sedang mencari zat-zat yang dapat merangsang pertumbuhan struktur normal dari sel-sel abnormal K-ras-NRK (sel pra kanker) pada 500 jenis ekstrak tumbuhan. Ternyata zat antikanker pada Mengkudu paling efekyif melawan sel-sel abnormal.

7. Xeronine dan proxeronine

Salah satu alkaloid penting yang terdapat dalam buah Mengkudu adalah xeronine. Xeronine dihasilkan juga oleh tubuh manusia dalam jumlah terbatas yang berfungsi untuk mengaktifkan enzim-enzim dan mengatur fungsi protein di dalam sel. Xeronine ditemukan pertama kali oleh Dr. Ralp Heinicke (ahli kimia). Walaupun buah Mengkudu hanya mengandung sedikit xeronine, tetapi mengandung bahan-bahan pembentuk (prekursor) xeronine, yaitu proxeronine dalam jumlah besar.

Proxeronine adalah sejenis asam koloid yang tidak mengandung gula, asam amino atau asam nukleat seperti koloid-koloid lainnya dengan bobot molekul relatif besar, lebih dari 16. 000. Apabila kita mengkonsumsi proxeronine maka kadar xeronine di dalam tubuh akan meningkat. Di dalam tubuh manusia (usus) enzim proxeronase dan zat-zat lain akan mengubah proxeronine menjadi xeronine. Fingsi utama xeronine adalah mengatur bentuk dan rigiditas (kekerasan) protein-protein spesifik yang terdapat di dalam sel. Hal ini penting mengingat bila protein-protein tersebut berfungsi abnormal maka tubuh kita akan mengalami gangguan kesehatan.

8. Zat pewarna

Kulit akar tanaman Mengkudu mengandung zat pewarna (merah), yang diberi nama morindon dan morindin.

Khasiat buah Mengkudu

Menurut Neil Solomon, MD, Ph. D, peneliti masalah kesehatan dari Amerika melaporkan bahwa Mengkudu mengandung sejenis fitonutrien, yaitu scopoletin yang berfungsi untuk memperlebar saluran pembuluh darah yang mengalami penyempitan. Hal ini menyebabkan jantung tidak perlu bekerja terlalu keras untuk memompa darah, sehingga tekanan darah menjadi normal.

Hasil uji coba pada hewan menunjukkan bahwa scopoletin menurunkan tekanan darah tinggi dan normal menjadi rendah (hipotensi yang abnormal). Namun demikian, scopoletin yang terdapat dalam buah Mengkudu dapat berinteraksi sinergis dengan nutraceuticals (makanan yang berfungsi untuk pengobatan) lain untuk mengatur tekanan darah tinggi menjadi normal, tetapi tidak menurunkan tekanan darah yang sudah normal. Tidak pernah ditemukan kasus di mana tekanan darah normal turun hingga mengakibatkan tekanan darah rendah (hipotensi).

Para ahli dari Universitas Stanford, Universitas Hawai, University of California (UCLA), Union College of London, Universitay of Meets di Perancis yang telah mempelajari Mengkudu menyatakan bahwa tanaman ini berperan menurunkan tekanan darah dalam banyak kasus.

Percobaan klinis sederhana yang dilakukan oleh Scott Gerson, MD (dari Mt, Sinai School of Medicine di New York) menunjukkan bahwa banyak pemakai Mengkudu melaporkan bahwa tekanan darah mereka menjadi tinggi bila berhenti minumsari buah Mengkudu dan kembali normal bila mengkonsumsi sari buah Mengkudu secara teratur.

Ramuan untuk mencegah hipertensi

Untuk mencegah hipertensi, peraslah buah Mengkudu yang sudah masak untuk diambil sarinya, kemudian campur dengan madu secukupnya. Diminum dan dilakukan dua hari sekali.

Itulah manfaat atau khasiat buah mengkudu yang bisa digunakan sebagai obat darah tinggi, semoga bermanfaat. Anda juga bisa membaca artikel kami yang lain : Manfaat Buah Pepaya Sebagai Obat Darah Tinggi

Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Manfaat Buah Pepaya sangat banyak sekali, salah satunya adalah sebagai obat darah tinggi. Pepaya (carica papaya L), berasal dari Meksiko bagian Selatan dan bagian utara dari Amerika Selatan, dan kini menyebar luas dan banyak ditanam diseluruh daerah tropis untuk diambil buahnya.

Pohon pepaya umumnya tidak bercabang atau bercabang sedikit, tumbuuh hingga setinggi 5-10 m dengan daun-daunan yang membentuk serupa spiral pada batang pohon bagian atas. Daunnya menyirip lima dengan tangkai yang panjang dan berlubang di bagian tengah. Bentuknya dapat bercangap ataupun tidak. Pepaya kultivar biasanya bercangap dalam.

Bentuk buah pepaya bulat hingga memanjang, dengan ujung biasanya meruncing. Warna buah ketika muda hijau gelap, dan setelah masak hijau muda hingga kuning. Daging buah berasal dari karpela yang menebal, berwarna kuning hingga merah, tergantung varietasnya. Bagian tengah buah berongga. Biji-biji berwarna hitam atau kehitaman dan terbungkus semacam lapisan berlendir (pulp) untuk mencegahnya dari kekeringan. Dalam pembudidayaan, biji-biji untuk ditanam kembali diambil dari bagian tengah buah.

Buah Pepaya dimakan dagingnya, baik ketika muda maupun masak. Daging buah muda dimasak sebagai sayuran. Daging buah masak dimakan segar atau sebagai campuran koktail buah. Pepaya dimanfaatkan pula daunnya sebagai sayuran dan pelunak daging. Daun pepaya muda dimakan sebagai lalap (setelah dilayukan dengan air panas) atau dijadikan pembungkus buntil. Oleh orang Manado, bunga Pepaya yang diurap menjadi sayuran yang biasa dimakan. Getah Pepaya (dapat ditemukan pada batang, daun, dan buah) mengandung enzim papain, semacam protease, yang dapat melunakkan daging dan mengubah konformasi protein lainnya. Papain telah diproduksi secara massal dan menjadi komoditas daging. Daun Pepaya juga berkhasiat obat dan perasannya digunakan dalam pengobatan tradisional untuk menambah nafsu makan.

Kandungan kimia buah Pepaya

Pada tahun 1992, sebuah lembaga research bernama The Center for Science in the Public Interest (CSPI) di Washington AS telah melakukan penelitian terhadap manfaat bagi kesehatan yang terdapat dari 40 jenis buah-buahan. Penilaian tersebut didasarkan pada manfaat zat yang terkandung di dalam tanaman Pepaya yang terdiri dari sembilan jenis vitamin, potasium, dan serat pangan.

Kandungan yang terdapat dalam sebuah Pepaya adalah betacryp-toxanthin (761 mikrogram/100 gram), betakaroten (276 mikrogram/100 gram), serta lutein dan zeaxanthin (75 mikrogram/100 gram).

Sebagaimana kita ketahui bahwa betakaroten merupakan provitamin A sekaligus antioksidan yang sangat ampuh dalam menangkal serangan radikal bebas yang terjadi. Vitamin A yang ada pada 100 g buah Pepaya matang mengandung berkisar antara 1. 094-18. 250 SI, bervariasi sesuai dari tiap varietasnya. Sedang, betacryptoxanthin, zeaxanthin dan lutein lebih berperan sebagai antioksidan dalam mencegah munculnya kanker dan berbagai penyakit degeneratif lainnya.

Selain itu vitamin A, vitamin lain yang juga terdapat di dalamnya adalah vitamin C (62-78 mg/100 gram) dan folat (38 mikrogram/100 gram). Kadar serat per 100 gram buah masak 1, 8 gram. Nah, serat Pepaya ini sangat cocok dalam mengatasi sulit buang air besar (BAB) serta mencegah terjadinya sembelit. Dan anda perlu tahu, satu potong Pepaya sebesar tiga ruas jari orang dewasa saja atau 140 gram sudah cukup untuk memenuhi sumbangan vitamin C sebanyak 150 persen dari angka kecukupan gizi yang dianjurkan per hari (AKG), serta memenuhi kandungan serat sebanyak 10 persen dari AKG.

Dari segi kandungan mineral, buah Pepaya matang memiliki kandungan potasium (257 mg/100 gram) dan sangat sedikit sodium (3 mg/100 gram). Dan karena rasio potasium terhadap sodium buah Pepaya yang sangat tinggi inilah yang menyebabkan Pepaya sangat ampuh dalam mencegah terjadinya hipertensi.

Selain potasium, mineral lain yang terkandung di dalamnya adalah zat besi, kalsium, fosfor, zinc, magnesium, dan selenium. Keunggulan lain yang membedakan buah Pepaya dari buah-buahan lainnya adalah rendahnya kandungan lemak, tanpa kolesterol sama sekali, dan tentu saja rendah sodium.

Khasiat buah Pepaya

Batang, daun, biji, dan akar Pepaya, semuanya mempunyai nilai manfaat. Akar Pepaya misalnya, dapat menyembuhkan penyakit kencing batu dan penyakit saluran kencing. Sedangkan biji buahnya dapat dipakai sebagai obat pembasmi cacing kremi pada anak-anak.

Bagi anda yang suka memasak, hal ini perlu diketahui bahwa getah Pepaya bisa digunakan untuk membuat daging yang hendak anda masak menjadi empuk. Getah tersebut bisa dari getah yang ada pada batang, daun, atau buah Pepaya muda. Getah tersebut merupakan sumber enzim papain. Enzim ini adalah enzim proteolitik (pemecah protein) yang berfungsi sebagai pengempuk daging (meat tenderizer) yang dapat memecah serat-serat daging yang alot menjadi empuk.

Zat papain juga dipakai pada industri kosmetik, industri farmasi, industri tekstil dan kulit, serta sebagai pembersih limbah.

Daun Pepaya muda dapat diolah menjadi makanan lezat seperti buntil, urap, atau lalap rebus. Anda yang memakannya beruntung karena walaupun berasa pahit, daun Pepaya muda ini mengandung alkaloid yang berkhasiat penurun tekanan darah, sebagi obat penyakit malaria, penurun demam, dan pembunuh amuba.

Ramuan untuk hipertensi

Ambillah dua potong akar Pepaya lalu rebus dengan satu liter air sampai mendidih hingga tinggal satu gelas, kemudian disaring. Minum dua kali sehari satu cangkir.

Atau anda bisa rebus tujuh lembar daun atau bunga Tapak dara, seduh dengan satu gelas air dan biarkan beberapa saat dan disaring. Diminum menjelang tidur.

Demikianlah manfaat buah pepaya sebagai salah satu obat darah tinggi, semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda. Jangan lupa share dan baca juga artikel kami yang lain : Khasiat Buah Murbei Sebagai Obat Darah Tinggi.

Posted: 02 Feb 2016 09:40 PM PST

Murbei yang dalam bahasa latin disebut Morus alba L. merupakan tanaman yang mempunyai banyak manfaat. Selain sebagai sumber pakan ulat, tanaman Murbei juga memiliki manfaat lain, yaitu sebagai bahan obat-obatan, desinfektan, dan antiasmatik. Manfaat tersebut terdapat dalam berbagai bagian tanaman dari mulai daun, ranting, buah, dan kulit.

Di Indonesia tanaman Murbei mempunyai banyak nama. Yaitu, besaran (Jawa Tengah dan Jawa Timur), kertu (Sumatra Utara), gertu (Sulawesi), kitaoc (Sumatra Selatan), kitau (Lampung), ambatuah (Tanah Karo), moerbei (Belanda), mulberry (Inggris), gelsa (Italia), dan murles (Perancis).

Tanaman Murbei memiliki percabangan banyak yang arahnya tegak, mendatar, dan menggantung. Semuanya tumbuh dari ketiak daun dan berbentuk bulat. Bentuk dan ukuran daunnya sendiri bermacam-macam, tergantung jenis dan varietasnya. Tapi daun bergerigi dan ujung atau membulat. Permukaan daun ada yang halus mengkilap, ada juga yang kasab.

Tanaman Murbei berasal dari Cina, tumbuh baik ppada ketinggian lebih dari 100 m di atas permukaan laut dan memerlukan cukup sinar matahari. Tanaman ini ketinggiannya bisa mencapai 9 m. Ukuran dan bentuk buahnya juga tergantung kepada jenis Murbei. Ada yang berwarna putih, putih kemerahan, ungu atau ungu tua sampai hitam. Di India utara Murbei dibiarkan tumbuh sebagai pohon di belakang rumah dengan tujuan untuk buah yang enak dan harum.

Kandungan kimia buah Murbei

Daun Murbei mengandung ecdysterone, inokosterone, lupeol, bsitosterol, rutin, moracetin, isoquersetin, scopoletin, scopolin, benzaldehide, eugenol, linalool, benzyl alkohol, butylamine, acetone, trigonelline, choline, adenin, asam amino, copper, zinc, vitamin (A, B, C dan karoten), asam klorogenik, asam fumarat, asam folat, asam formyltetrahydrofolik, dan mioinositol, serta mangandung phytoestrogens.

Bagian ranting Murbei mengandung tanin dan vitamin A, buahnya mengandung cyanidin, isoquercetin, sakarida, asam linoleat, asam strearat, asam oleat, dan vitamin (karoten B1, B2 dan C).

Kulitbatang mengandung triterpenoids:A-, b-amyrin, sitosterol, sitosterol-a-glukoside. Flavonoid:Morusin, cyclomorusin, kuwanone A, B, C, oxydihydromorusin. Coumrins:Umbeliferone dan scopoletin.

Kulit akar mengandung derifat flavone mulberrin, mulberro-chromene, cyclomurberrine, cyclomurberrochromene, morussine, dan mulberrofuran A. Dan juga mengandung betulinic acid, scopoletin, A-amyrin, B-amyrin, undecaprenol, dan dodecaprenol.

Tiada ulasan:

Catat Ulasan