Selasa, 2 Ogos 2016

Pakis

LUAR BIASA!!! TERNYATA SAYURAN INI MEMILIKI KANDUNGAN GIZI YANG BERMANFAAT UNTUK KESEHATAN. JANGAN LUPA DI BAGIKAN YA DAN DISHARE..!!




 Pakis yaitu tanaman berbentuk rumpun, yang biasanya tumbuh baik didaerah kering serta lembab serta dibawah lingkungan yang teduh.

Waktu musim seminya (sekitaran April serta Mei), pakis akan menumbuhkan tunas daun muda yang tetap masih kuncup dengan bentuk ujung daun melengkung yang sama dengan kepala biola.

 Daun pakis muda yang dapat dipakai sebagai sayur umumnya sebelumnya daun itu jadi mekar.

Pakis bertangkai hijau tua yang mempunyai ukuran sekitaran 4 cm, dengan mencapai ketinggian sekitaran 10-12 cm dari permukaan tanah. Tunas ditutupi dengan sisik berwarna coklat, yang perlu dikerok dahulu terlebih dulu dimasak.

 Daun pakis muda rasanya lembut, dengan rasa yang sama dengan asparagus, atau buncis dengan susunan yang renyah.

Sayur pakis (Diplazium esculentum), banyak di kenal dibeberapa negara sebagai sayuran, umpamanya India, Nepal, sampai dibeberapa daerah di Amerika serta Kanada.

Di indonesia sendiri daun pakis muda telah lama digunakan sebagai sayuran yang cukup disukai, karena rasa serta teksturnya yang unik serta lezat.

Manfaat tunas daun Pakis untuk kesehatan

Pakis rendah kalori serta Memiliki kandungan Omega 3

Pakis mempunyai banyak kandungan nutrisi utama, tetapi Tunas pakis muda keriting cuma memiliki kandungan 34 kalori per 100 g. Meskipun sekian, pakis memiliki profil gizi yang bermutu tinggi, seperti terdiri dari manfaat anti-oksidan, vitamin, dan senyawa paling utama lain yakni omega-3 serta omega-6.

Tinggi vitamin A

Daun pakis fresh sekian tinggi anti-oksidan vitamin A, serta karoten. 100 g pakis memiliki kandungan 3617 IU atau 120% kebutuhan harian vitamin A yang direferensikan. Vitamin A yaitu anti-oksidan alami kuat serta dibutuhkan oleh tubuh membuat perlindungan integritas kulit serta membran lendir.

Vitamin A juga yakni vitamin yang sekian paling penting untuk pandangan.

Studi penelitian tunjukkan apabila makanan yang kaya vitamin A alami akan membantu tubuh terlindungi dari kanker paru-paru serta kanker rongga mulut.

Mempunyai kandungan senyawa flavonoid

Pakis yakni sumber yang demikian baik dari banyak senyawa flavonoid poli-fenolik alami, seperti Alfa karoten serta Beta karoten. Karoten pada tubuh mengkonversi ke vitamin A.

Pakis Tinggi vitamin C

Rasa pakis yang manis serta unik datang dari tingginya vitamin C. 100 g daun pakis fresh memiliki kandungan 26, 6 mg atau 44% dari yang dibutuhkan tubuh dalam satu hari.

Vitamin C vitamin larut air yang mungkin saja sebagai anti-oksidan.

Bersamaan dengan senyawa flavonoid seperti karoten, Vitamin A membantu menghindar radikal bebas memiliki resiko, serta perlindungan dari kanker, peradangan, batuk, virus flu serta
demam.

Memiliki kandungan kalium tinggi

Tunas daun pakis yakni sumber yang demikian baik dari mineral serta elektrolit, terlebih kalium, zat besi, mangan serta tembaga. 100 g tunas pakis fresh memiliki kandungan 370 mg atau 7% dari level kalium yang diperlukan/hari. Kalium yakni elektrolit yang baik untuk jantung, yakni yang akan menolong untuk kurangi desakan darah serta detak jantung dengan melawan resikonya dari sodium.

Kaya beberapa type dari vitamin B Kompleks

Bukan hanya itu, pakis juga kaya vitamin esensial yang paling diperlukan oleh tubuh, yaitu beberapa vitamin dari group vitamin B. Sebagian dari vitamin B kompleks itu yaitu seperti niacin, riboflavin, serta thiamin.

Kandungan gizi lengkap tunas daun pakis (Matteuccia struthioreris) muda mentah fresh.

Nilai gizi per 100 g – Presentasi Nilai Gizi (RDA)
 (Sumber : USDA)

Daya 34 Kcal 1, 7%
Karbohidrat 5, 54 g 4%
Protein 4, 55 g 8%
Keseluruhnya Lemak 0. 40 g 2%
Kolesterol 0 mg 0%
Vitamin
Niacin 4, 980 mg 31%
Riboflavin 0. 210 mg 16%
Thiamin 0. 020 mg 1, 5%
Vitamin A 3617 IU 120, 5%
Vitamin C 26, 6 mg 44% Elektrolit
Sodium 1 mg 1%
Kalium 370 mg 8%
Mineral
Kalsium 32 mg 3%
Tembaga 0. 320 mg 35, 5%
Besi 1, 31 mg 16%
Magnesium 34 mg 8, 5%
Mangan 0. 510 mg 22%
Selenium 0, 7 mcg 1%
Zinc 0. 83 mg 7, 5%
Phyto-nutrisi
Karoten-ß 2040 ug –
Karoten-α 261μg -
Langkah memproses, pilih dan peyimpanan Pakis

Untuk dapatkan tunas Pakis, tetapkan hanya yang tetap masih fresh yang ditandai dengan ciri hijau jelas, tegas, melingkar erat. Jangan pernah beli pakis yang telah mekar serta besar, karena sudah jadi kayu serta keras.

Tunas atau daun pakis muda mesti dipakai waktu tetap masih fresh, jika tak taruh dalam almari es dalam kondisi terbungkus plastik, dengan setelan kelembapan yang relatif tinggi bakal tetaplah fresh sampai 2-3 hari.

Lebih dahulu dimasak, kerik sisi-sisik coklat pada tunas dengan memakai kuas atau kain. Potong batang terlebih ujungnya yang melingkar, buang sisi bawah yang telah mengeras.

Bersihkan bersih semuanya segi dengan air dingin. Lalu pakis di rebus dengan air asin/air garam selama 1-2 menit. Tiriskan serta buang airnya.

Sistem ini dapat diulang dua hingga tiga kali untuk singkirkan rasa pahit serta lendir.

Pakis mempunyai susunan yang renyah. Pakis fresh umumnya dapat dimasak dengan seperti yang diakukan pada asparagus. Overcook bakal buat pakis jadi lembut serta lembek.

Pakis dapat juga dikukus, ditumis, digoreng, atau dikombinasi dengan sayuran, kacang-kacangan, atau makanan laut.

Keamanan makan Pakis

Tak semuanya type pakis yang banyak tumbuh di rimba cocok untuk mengkonsumsi manusia. Pemakaian periode panjang makan berbagai type pakis liar di ketahui bisa sebabkan kanker perut serta kerongkongan.

Pakis type Pteridium aquilinum dijelaskan punyai potensi lebih tinggi mengakibatkan kanker ini.

Cuma pakis type ostrich yang bebas dari senyawa beracun penyebabnya kanker. Karenanya, optimis pakis yang akan anda masak yaitu tipe yang aman, serta harus di konfirmasi oleh tubuh pangan atau petani yang mumpuni dengan

Tiada ulasan:

Catat Ulasan